Menyambung kabel UTP dengan konektor USB ~ Running Dream
Running Dream: Menyambung kabel UTP dengan konektor USB

WajanBolic...sebuah nama yang sudah menggema di dunia wardriving. Bagi anak kost yang tempatnya dekat dengan service HotSpot dapet menggunakan "wajan" ini sebagai "alat bantu" berInternet ria.
Dari typical wajanbolic yang membuatnya dengan USB Wi-Fi tentunya membutuhkan kabel yang extra agar dapat sampai pada port USB pada komputer atau laptop. Apalagi "wajan" tersebut akan ditempatkan diatas genteng atau beranda atas ataupun tempat jemuran kost [hehhehe]
Disini akan dicoba diulas cara "memperpanjang" kabel connector USB Wi-Fi yang biasanya panjangnya max 2 meter-an. Dalam hal ini dapat menggungkan kabel UTP panjang bisa 10 meteran.

Here we go........

Siapkan kabel connector USB yang dipotong ditengah kabel, sehingga terlihat seperti gambar berikut

Kabel UTP tanpa RJ-45



Pasang pralon ukuran kecil dan masukkan kedalam kabel UTP pada masing2 ujungnya. Lihat gambar


Satukan ujung2 UTP pada ujung2 connector USB yang sudah dipotong. Lihat cara penyambungannya dan warnanya pada gambar.




Setelah selesai kira2 akan menjadi seperti gambar berikut



Selesai deh...tinggal test pada kompie atau laptop, USB Wi-Fi-nya kedetek pa ga... kalo ndak bisa dikarenakan penyolderan yang kurang bagus atau kabel UTP terlalu panjang.

Comments (4)

On 9 April 2009 09.03 , earst mengatakan...

maksudnya Kabel UTP tanpa RJ-45 tuh kabel UTP yang kayak gimana mas?

 
On 7 Oktober 2009 19.55 , Mr. Tanya mengatakan...

kok gabel usb punyaQ dalemnya ad 5 sih bkn 4, warna merah,htm, putih, hijau, sama serabut di sekitarnya?????

 
On 15 Desember 2009 01.19 , Udin mengatakan...

Tanya dong, saya udah buat dengan UTP 10 M, kalo tes pake USB Flashdisk tuh data bisa loh dibaca, tapi kalo USB Wifi kok ga ke deteksi ya. Mohon penjelasannya dong.... please......

 
On 13 Oktober 2011 20.08 , shuka shoes mengatakan...

thank ilmunya , n semoga yang punya blog ini dapat rejeki yang banyak